Masing-masing teknik pembelajaran memiliki keunggulan
dan kelemahan. Demikian dengan teknik discussion starter story.
Keunggulan teknik ini di antaranya adalah sebagai berikut.
- Siswa dapat mengadakan diskusi berdasarkan pengalaman masing-masing;
- Siswa menyusun hasil diskusi dalam cerita lanjutan;
- Siswa mendorong untuk mengingat dan menghubungkan pengalamannya dengan pengalaman orang lain;
Lanjutan
cerita dapat dijadikan pemula diskusi untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya;
Mengkombinasikan
kegiatan berpikir dan keterampilan menulis. (Sudjana, 2001:121)
Berdasarkan pendapat di atas,
ternyata teknik ini memiliki beberapa keunggulan yang berbeda dibandingkan
dengan teknik yang lain. Keunggulan tersebut diantaranya mendorong siswa untuk
mengingat dan menghubungkan pengalamannya dengan pengalaman orang lain, dan
mengkombinasikan kegiatan berpikir dengan kegiatan menulis.
Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa setiap teknik pembelajaran memiliki keunggulan yang beragam, yang belum
tentu dimiliki oleh teknik yang lain. Selain itu pula, setiap teknik
pembelajaran pasti memiliki kelemahan-kelemahan tertentu.
Seperti telah dikemukakan di atas bahwa setiap teknik
pembelajaran memiliki keunggulan dan kelemahan. Teknik discussion starter
story pun demikian tidak terlepas dari kelemahan. Kelemahan-kelemahan yang
terdapat dalam teknik discussion starter story diantaranya sebagai
berikut.
- Hanya efektif bagi peserta didik yang telah dapat membaca dan menulis;
- Tidak mudah menyusun cerita yang dapat diterima oleh semua peserta didik;
- Membutuhkan keterampilan peserta didik dalam menghubungkan pengalaman mereka;
- Memerlukan alat dan bahan-bahan untuk menulis;
- Memerlukan waktu relative lama. (Sudjana, 2001:121)
Kelemahan-kelemahan tersebut dapat
terjadi jika tidak tepat dalam penggunaannya atau guru kurang memberikan
motiviasi, atau guru kurang menguasai teknik tersebut. Hal-hal tersebut dapat
diatasi menggabungkan teknik ini dengan teknik pembelajaran yang lain.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, di
samping memiliki keunggulan teknik discussion starter story juga
memiliki kelemahan. Dalam hal ini, diperlukan kemampuan guru untuk lebih
memotivasi siswa agar terlibat aktif dalam setiap proses pembelajaran terutama
bagi siswa yang perhatian terhadap pelajaran kurang dan tidak suka mengeluarkan
pendapat.
0 komentar:
Posting Komentar